Minggu, 16 Juni 2013

Adil itu gak harus sama : cerita KRL Jabodetabek Cawang-Bogor di sabtu pagi

Tadinya mau nulis tentang rencana kenaikan harga bbm (bahan bakar minyak) yang lagi rame, tapi gak jadi ah, dah banyak yang bahas. Tapi intinya memang dari 1995 yakin banget kalau bbm mending harga pasar aja gak usah pake subsidi-subsidian biar rakyat mandiri. Gak manja dikit-dikit naik kendaraaan, sampe anak segede upil aja (yang boror-boro punya SIM, bikin KTP aja blum cukup umur) disuruh ke warung pake motor, trus karena pake motor, nyari warungnya yg jauh sambil jalan-jalan. Seringkan liat anak-anak segede upil sliweran naik motor? Hayooo anak siapa itu?

Mending uang subsidinya bikin infrastruktur dan transportasi masal yang ciamik, bayangin aja sejak tahun kapan subsidi bbm, kayaknya total dah ribuan Trilun Rupiah. Dengan transportasi masal yang cukup, keren dan nyaman, yakin 100% rakyat juga akan milih naik transportasi masal tanpa repot-repot ngabisin anggaran promosi sosialisasi di berbagai media koran, radio, televisi dan sebagainya seperti yang hari ini muncul PSA-nya (Public Service Advertising : Iklan Layanan Masyarakat) sosisalisasi rencana kenaikan bbm di televisi nasional.

Ehh... malah keterusan bahas rencana kenaikan bbm nya. hehehehe. Lanjut ah.


Sabtu, 15 Juni 2013, bangun tidur, beres-beres kamar kosan dikit, trus berangkat kuliah dengan semangat 45. Dah lumayan lama gak naik krl, akhir-akhir ini lebih sering nebeng mobilnya bang Arief, naik taksi atau nyetir mobil (bajakan). Ada yang menarik begitu mau beli tiket krl hari itu. Bayar Rp. 9.000, nungguin petugas loket ngasih tiket, kok nggak ngasih-ngasih? Ehhh gak taunya ada mesin di pinggir yang dari tadi dah muntahin e-tiket berbentuk plastik. "Wuihh keren nih, mulai kayak di luar negeri"

Masuk peron, masih ngerasa keren, tempel e-tiket di gerbang, lampu ijo nyala, trus tinggal masuk. Nunggu krl arah Bogor. Krl arah kota dateng, beberapa penumpang turun mulai keliatan ada yg lucu dikit. Kirain e-tiket tetep dipake untuk buka pintu peron. Gak taunya e-tiketnya di serahin ke satpam, trus untuk tiap orang yang mau keluar, satpam sambil nyengir mencet-mencetin tombol satu-satu untuk mereka. Kebayang jempolnya bakal lebar lama-lama tuh para satpam. Setelah penumpang sepi dengan sabar dan tetep nyengir satpam masuk-masukin e tiket ke pintu peron.

Gak nyampe setengah jam nunggu, kereta arah Bogor dateng. Alhamdulillah, Sabtu pagi krl gak sepenuh hari kerja, nggak dapet tempat duduk sih, cuma masih lenggang dan nyaman lah. Dalam perjalanan masih menemukan hal-hal menarik, ada anak muda yg ngasih duduk ke seorang nenek (keren). Singkat cerita krl nyampe Statiun Bogor, baru sadar, yg biasanya ada sekitar 6(enam) orang petugas yg lalu lalang ngebolongin (baca:meriksain) tiket gak keliatan batang hidungnya. Duhhh mudah-mudahan mereka tetep kerja ya, amin.

Ada spanduk menarik di dinding stasiun, Tarif progresif, biasanya bayar Rp. 9.000,- jauh deket, ke depan menurut spanduk "Pergi deket bayar dikit, yang jauh tetep murah", it's fair lah ya? Adil itukan gak harus sama. Cuma sayangnya itu spanduk kenapa gak terlalu keliatan? Trus gak ada pengumuman di dalem KRL? Padahal ada space pengumuman di dalem KRL. Mungkin gak semua orang suka baca-baca spanduk kayak saya. :)

Oke lah, mungkin nanti pihak KRL mau sosialisasi dengan cara lain? Berapa yang harus di bayar kalau naik KRL pada saat tarif progresif diterapkan? Silahkan hitung sendiri ya? Tinggal hitung aja berapa berapa banyak statiun yang disinggahi pada saat naik KRL. Sederhana kok. Rp. 3.000,- untuk 5(lima) stasiun pertama, dan tambah Rp. 1.000,- untuk tiap 3(tiga) stasiun berikutnya.

Contoh aja :
Kalau saya biasa dari Cawang ke Bogor 15 Statiun, berarti 5 Statiun pertama, 10/3 = 3+ -> dibuletin ke atas jadi 4.
Total : Rp. 3.000,- + 4(Rp. 1.000) = Rp. 7.000,-

Eh malah lebih murah dari pada biasanya ya? bandingin kalau pake taksi Rp. 150.000,- ++, atau dengan kendaraan sendiri, bensin + toll dan sebagainya.


Mudah-mudahan bbm naik, diiringin dengan kemandirian bangsa kita ya? Gak mudah memang, tapi yakin, kemandirian lebih baik dari pada kerasa enak padahal semu. Eh... balik lagi ke bbm 

2 komentar:

health mengatakan...

semoga ke depannya KRL lebih baik lagi dengan adanya eticketing ini

Anonim mengatakan...

kerenn curhatnya pak . . . :D :D :p